Pages

Welcome in MY BLOG....!!Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat ^_^.

Senin, 01 Oktober 2012

Dasar Akustik

Oleh: Bapak Iskandar

Akustik adalah teori tentang gelombang suara dan perambatannya di suatu medium.
Akustik (Acoustics) adalah teori tentang gelombang suara dan perambatannya di suatu medium.
SONAR (Sound Navigation and Ranging) adalah peralatan yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang obyek-obyek bawah air. Sonar pemancaran gelombang suaranya horisontal.
Echosounder adalah sistem SONAR yang arah gelombang suaranya vertikal.
SONAR (Sound Navigation and Ranging)
Adalah peralatan yang digunakan untuk mendapatkan infromasi tentang abyek-obyek bawah air dengan pemancaran gelombang suara.
ECHSOUNDER
Adalah system sonar yang pemancar gelombang suaranya vertical.
Echosounder merupakan alat penginderaan jarak jauh yang menggunakan metode akustik yang menggunakan sistem suara yang dipancarkan ke dalam laut secara vertikal dari kapal kemudian suara tersebut kembali lagi ke kapal sebagai gema (echo).
Rumus dasar yang digunakan adalah : S = V X T
Echosounder menggunakan suara yang tidak dapat didengar oleh ikan sehingga ikan tidak terkejut dan lari. Suara yang digunakan mempunyai frekuensi lebih besar dari 14 KHz yang disebut gelombang ultrasonic.
Kecepatan suara dipengaruhi oleh suhu, salinitas dan tekanan air. Ketiga faktor ini berpengaruh pada sifat fisik dari air yaitu elastisitas dan kerapatan.

Prinsip Kerja Echoshounder
Suara dipancarkan ke dalam air diteruskan hingga mengenai sesuatu, seperti ikan atau dasar perairan sehingga suara terpantul kembali. Suara yang kembali itu disebut gema. Suara yang dipancarkan dan gema merambat dengan kecepatan yang sama.
 
Komponen Echosounder
Time Base: Komponen ini akan mengisi pulsa listrik untuk menghidupkan transmitter yang mengeluarkan frekuensi dan gelombang. Fungsi dari time base adalah untuk menghasilkan waktu dan mengontrol PRR (Pulse Repitition Rate).
Transmitter: komponen pemancar pulsa listrik yang didalamnya terdapat amplifier yang berfungsi sebagai penguat tenaga dari sinyal pulsa listrik. Adapun fungsi dari transmitter adalah untuk memperkuat pulsa, media antara time base ke transducer, penstabilan kekuatan pulsa.
Transducer: komponen yang menerima pulsa listrik yang dipancarkan dari transmitter yang kemudian diubah menjadi energi listrik menjadi energi suara. Transducer berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi suara dan sebaliknya dan memusatkan energi suara.
Receiver: penerima sinyal echo dan transducer. Gema yang telah dikuatkan akan ditampilkan di monitor LCD yang berfungsi sebagai display.
Display/Recorder: komponen yang berfungsi untuk mengukur selang waktu, mencatat data, mengumpulkan data, penerus data untuk target strength analyzer, serta melakukan koordinasi dengan time base.

Tidak ada komentar:

Popular Posts

Followers