Pages

Welcome in MY BLOG....!!Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat ^_^.

Rabu, 14 Maret 2012

SEKSUALITAS PADA IKAN

Pada prinsipnya seksualitas hewan terdiri dari dua jenis kelamin yaitu jantan dan betina  begitu pula seksualitas pada ikan. Yang dikatakan ikan jantan adalah iak yang mempunyai organ penghasil sperma, sedangkan ikan betina adalah ikan yang mempunyai organ penghasil telur suatu populasi terdiri dari ikan. Ikan berbeda seksualitasnya, maka populasi tersebut disebut Monoseksual. Namun penentuan seksualitas ikan disuatu perairan harus berhati-hati karena secara keseluruhan terdapat macam-macam seksualitas ikan mulai dari hermaprodit, sinkroni, protandi hingga genokorisme yang berdiferensiasi maupun yang tidak berdiferensiasi (Arizom, 2006).

Pengertian Seksualitas

Menurut Arizom (2006), pada prinsipnya seksualitas hewan terdiri dari dua jenis kelamin yaitu jantan dan betina, begitu pula seksualitas pada ikan, yang dikatakan ikan jantan adalah ikan yang mempunyai organ penghasil sperma.
Sebagian besar spesies ikan adalah Genokoristik, dimana sepanjang hidupnya memiliki jenis kelamin yang sama  selain gonokoristik juga dikenal dengan istilah hemaprodit yaitu di dalam tubuh individu ditemukan dua jenis gonad (Fujaya, 2005).

Sifat Seksualitas

Menurut Wahyuningsih dan Termala (2006), sifat seksualitas terbagi menjadi 2 yaitu:
1. Sifat Seksualitas Primer
Pada ikan ditandai dengan adanya organ yang berhubungan secara langsung dengan proses reproduksi yaitu ovarium dan pembuluhnya pada ikan betina dan testis dengan pembuluhnya pada ikan jantan.
2. Sifat Seksualitas Sekunder
Adalah tanda-tanda luar yang dapat dipakai untuk membedakan ikan jantan dan ikan betina dengan jelas, maka spesies itu bersifat seksual di morfisme. Namun apabila ada satu spesies ikan dibedakan jantan dan betinanya berdasarkan perbedaan warna, maka ikan itu bersifat seksual dikromatisme. Pada umumnya ikan jantan mempunyai warna yang lebih cerah dan lebih menarik dari pada ikan betina. Pada dasarnya sifat seksual sekunder dapat dibuka menajadi dua yaitu : (1) Sifat seksual sekunder yang bersifat sementara hanya muncul pada waktu musim pemijahan saja misalnya "bripositor" yaitu alat yang dipakai untuk menyalurkan telur ke balvavia, adanya semacam jerawat diatas kepalanya pada waktu musim pemijahan. Contohny Ikan Nocomis biguttatus dan Semoticus atromaculatus jantan. (2) Sifat seksual sekunder yang bersifat permanen atau tetap, yaitu tanda pembulatan hitam yaitu tanda ini ada sebelum dan sesudah musim pemijahan. Misalnya tanda pembulatan hitam pada ekor ikan Amla carlua jantan, gonadium pada gambar usia affinis, dasper pada ikan golongan elasmobrachia, warna yang lebih menyala pada ikan lebister, beta dan ikan-ikan karang. Biasanya tanda seksual itu terdapat positif pada ikan jantan saja, apabila tanda seksual menghilang, tetapi pada ikan betina tidak menunjukkan suatu perubahan.

Menurut Asep (2009), sifat seksualitas primer dan sekunder adalah sifat seksual primer pada ikan ditandai dengan adanya organ yang secara langsung berhubungan dengan proses reproduksi, yakni ovarium dan pembuluhnya pada ikan betina dan testes dengan pembuluhnya pada ikan jantan. Tanpa melihat tanda-tanda lain pada ikan akan sukar mengetahui organ seksual primernya. Sifat seksual sekunder pada ikan adalah tanda-tanda luar yang dapat dipakai untuk membedakan ikan jantan dan ikan betina.

Macam-macam Seksualitas

Hermaproditisme terjadi secara luas diseluruh kerajaan binatang mungkin murni fenotipik. Pada beberapa spesies individuals berisi fungsi indung telur dan testis secara bersamaan, sedangkan pada spesies lain status fictional dari gonad dapat berubah. Sering gonad dimulai dari testis untuk memproduksi spermatozoa dan kemudian dalam kehidupan  dan swittches individu untuk memproduksi telur, pula yang dikenal sebagai hermaproditisme protandic. Contoh dari protoginic (pertama-fimale), hermaproditisme juga dukenal. Pembalikan seks mungkin dapat lingkungan determinad (Gordon et al, 1990).

Menurut Frans (2011), macam seksualitas adalah sebagia berikut:
*Hermaproditisme
1. Hermaprodit Sinkroni
    - gonad masak bersam-sama > serranidae
    - pembuatan sendiri atau tidak
    - gonad terpisah jadi dua bagian
    - di alam atau aquarium dapat memijah
2. Hermaprodit Protandri
    - proses diferensiasi
    - ikan tua, tesis tereduksi
    - transisi > betina
3. Hermaprodit Protogini
    - proses diferensiasi dan fase betina menjadi jantan
    - sesudah ikan pemijahan, ovarium mengkerut
    - masa juvenil > masa betina > masa interseks > masa jantan
4. Hermaprodit Beriring
    - hermaprodit protogini dan hermaprodit protoandri

Perbedaan Jenis Kelamin Berdasarkan Ciri Seksualitas Primer dan Sekunder

- Perbedaan Jenis Kelamin Berdasarkan Ciri Seksualitas Primer
Berdasarkan pendapat dari Paberson (2011), sifat seksual primer pada ikan ditandai dengan adanya organ yang secara langsung berhubungan denga proses produksi, yaitu ivarium dan pembuluhnya pada ikan betina dan testis dengan pembuluhnya pada ikan jantan.
Ciri seksual primer:
1. Alat atau organ yang berhubungan langsung dengan proses reproduksi
2. Testis dan salurannya pada ikan jantan
3. Ovarium pada salurannya pada ikan betina

Perbedaan kelamin jantan dan betina yang primer terdapat pada tubuh ikan yaitu berupa testis dan saluran-salurannya  pada ikan jantan dan ovarium serta saluran-salurannya pada ikan betina. Untuk menyatakan hal ini harus disection (bedah) (Sutini, 1983).

Sifat seksualitas primer pada ikan ditandai dengan adanya organ yang secara langsung berhubungan dengan proses reproduksi. Yakni ovarium dan pembuluhnya pada ikan jantan. Tanpa melihat tanda-tanda lain pada ikan akan sukar mengetahui organ seksual primernya (Asep, 2009).

- Perbedaan Jenis Kelamin Berdasarkan Ciri Seksualitas Sekunder
Menurut pendapat Paberson (2011), sifat seksual sekunder adalah tanda-tanda luar yang dapat dipakai untuk membedakan ikan jantan dan ikan betina. Satu spesies ikan yang mempunyai sifat morfologi yang dapat dipakai untuk membedakan jantan dan betina dengan jelas, maka spesies itu bersifat seksual dimorfisme. Namun apabila spesies ikan dibedakan jantan dan betinanya berdasarkan perbedaan warna, maka ikan itu bersifat seksual dikromatisme. Pada umumnya ikan jantan mempunyai warna lebih cerah dan lebih menarik dari pada ikan betina.
Ciri seksual sekunder:
1. Tidak berhubungan dengan kegiatan reproduksi
2. Alat bantu pemijahan

Pada macam hewan yang kita kenal, setiap individu mempunyai ovarium saja tidak ada keduanya. Jika hewan mempunyai ovarium, maka hewan itu betina. Sebaliknya, jika hewan mempunyai testis, hewan tadi adalah jantan. Perbedaan dari gonad inilah kerap kali kita dapat dilihat perbedaan ciri-ciri lainnya, yaitu ciri-ciri seks sekunder. Ciri-ciri seks sekunder ini mungkin terlihat dari perbedaan wujud atau dari perbedaan tingkah laku. Sebaliknya, pada beberapa hewan perbedaan seks hanya terletak dalam gonadnya (Soemarto, 1980).

Tanda-tanda kelamin sekunder ada dua macam, yang pertama tidak ada hubungan dengan alat kelamin primer, sedang yang kedua alat kelamin tersebut merupakan sambungan (Accessora) sebagai alat perkembangbiakan. Nampak adanya pada jenis ikan cucut pari (Flasmobranchi). Ikan cucut jantan mengalami perubahan pada sirip lambungnya (pevictim). Jari-jari pertama pada sirip tersebut tumbuh membesar dan molekul membentuk pipa yang disebut (Myxopterygium), sebagai sarana menjamin terjadi pembuahan secara internal. Alat sekunder yang lain nampak jenis ikan Ganbusia affinis atau ikan minnow yang beranak mengalami modifikasi untuk adaptasi dengan cara perkawinannya ialah terjadi pembesaran pada jenis-jenisketiga dari sirip dubur (anal fin)  berkembang menjadi gonadium yaitu alat-alat genital juga memasukkan sperma ke dalam oviduk ikan laut. Tanda-tanda jenis kelamin yang sekunder pada beberapa jenis ikan laut yang hidup menetap misalnya pada ikan susu (Kurtusindirus) yang menampakkan perubahan pada masa dewasa. Pada ikan jantan pada jidatnya tumbuh kait tempat menempelkan telur ikan betina (Sutini et al, 1983).

Semoga bermanfaat ^_^

2 komentar:

Unknown mengatakan...

kak bagi dapusnya dong kak

Anonim mengatakan...

iya kak, boleh minta dapusnya?

Popular Posts

Followers